Tips Sablon: Info Bermanfaat tentang Sablon Putih Tinta dan Teknik Cetak Layar

Tampaknya salah satu masalah paling umum yang dialami printer layar baru adalah mencetak tinta putih. Saya telah mendengar banyak pertanyaan seperti: Mengapa semua warna saya yang lain mencetak dengan baik dan putih sangat sulit? Mengapa tinta putih saya begitu tebal? Mengapa saya tidak bisa mendapatkan tinta putih mulus? Itu selalu kasar dan tampaknya memiliki tekstur untuk itu. Apakah ada yang bisa saya lakukan untuk mengencerkan tinta putih saya agar lebih mudah dicetak? Juga komentar seperti: “Tinta putih kami buruk, hanya hilang setelah beberapa kali pencucian.” “Ada yang salah dengan pers saya, itu mencetak dengan baik ketika saya mencetak pada kemeja putih, tetapi ketika saya mencetak pada kemeja gelap tinta putih sangat buram.”

Sayangnya, jawaban untuk kuari ini biasanya terletak pada printer itu sendiri. Tidak, tinta putih Anda tidak cacat, pers Anda mungkin bekerja dengan baik, dan Anda tidak perlu menipiskan tinta. Ya, Anda mungkin perlu mengubah beberapa variabel dan teknik selama proses pencetakan. Kebenaran mater adalah, jawabannya ada di pertanyaan selama ini.

Jadi mengapa proses sablon bekerja dengan baik untuk sementara waktu dan kemudian segera setelah Anda mulai mencetak tinta putih, menghancurkan, sebuah blok jalan. Yang benar adalah, Anda mungkin telah melakukan hal-hal yang salah sepanjang waktu, itu belum muncul. Ini seperti berenang, pasti Anda bisa mengayuh dan mendayung di sekitar kolam renang sepanjang hari. Namun, ketika harus berenang jauh, tanpa teknik yang tepat Anda akan bekerja dua kali lebih keras dan mendapatkan setengahnya.

Mencetak pada pakaian ringan jauh lebih mudah daripada mencetak putih pada pakaian gelap. Pada pakaian yang ringan, tidak banyak tinta yang dibutuhkan untuk mencapai cakupan yang baik. Juga seringkali Anda menggunakan tinta yang lebih tipis. Tinta bervariasi dalam viskositas sesuai dengan berapa banyak pigmen di dalamnya. Misalnya, tinta hitam hampir selalu akan dicetak pada warna yang lebih terang, pigmen yang dibutuhkan agar hitam muncul jauh lebih sedikit daripada pigmen yang dibutuhkan untuk tinta putih untuk menutupi pakaian gelap. Dengan demikian, tinta hitam Anda jauh lebih tipis dan lebih mudah untuk dikerjakan. Anda dapat melakukan hampir semua teknik yang salah saat mencetak tinta hitam pada kemeja putih, dan masih ada peluang bagus bahwa cetakan akhir Anda akan terlihat cukup bagus. Karena tinta lebih tipis, melewati screen mesh lebih mudah, dengan sedikit tenaga, dan membersihkan layar lebih baik.

Jadi pada dasarnya ketika mengatur pekerjaan sablon yang membutuhkan tinta hitam pada kemeja putih, Anda dapat menggunakan mesh layar yang salah, tidak ada kontak, dan mencetak dengan teknik squeegee yang benar-benar salah dan masih mendapatkan cetakan akhir yang tampak “OK”. Namun, jika teknik salah yang sama ini dicoba saat mencetak tinta putih, eh oh, game over! Yang disayangkan adalah, banyak printer memulai dengan cara ini dan mengajar diri mereka sepenuhnya salah. Sebenarnya, inilah cara saya belajar. Ini bukan akhir dunia!

Hal pertama yang harus Anda pahami dan setujui adalah kenyataan bahwa tinta putih mungkin akan menjadi tinta paling tebal yang pernah Anda gunakan. Untuk mencapai gambar putih terang pada kemeja hitam, tinta harus buram yang pada gilirannya berarti lebih tebal. Tentu Anda dapat menemukan tinta putih yang lebih tipis, atau

sablon kaos murah terbaik dan berkualitas mencoba mengurangi yang lebih tebal, namun Anda mengalahkan tujuannya dan akhirnya Anda akan mencetak dua kali lebih banyak untuk mencoba dan mencapai hasil yang sama. Di sisi lain, jika Anda belajar cara mencetak dengan benar, maka mencetak putih seperti berjalan-jalan di taman.

Selama beberapa tahun terakhir, setiap produsen tinta di negara ini mencari perburuan tinta putih “terbaik” di pasaran. Ya, mereka sudah jauh. Faktanya dua puluh atau tiga puluh tahun yang lalu putih di atas hitam tampak lebih seperti cokelat terang atau abu-abu daripada putih. Sekarang dengan tinta yang tersedia seperti Triangle Phoenix White atau International Coatings White, Anda dapat mencapai cakupan maksimum dengan lintasan minimal. Namun, tinta putih harus dimuat dengan pigmen yang berarti akan selalu memiliki viskositas tinggi.

Jadi apa masalahnya? Bagaimana Anda bisa mencetak tinta putih seperti
pro.? Jawabannya biasanya terletak pada beberapa perubahan sederhana pada pengaturan dan
teknik Anda. Terapkan perubahan ini dan sungguh, tidak terlalu sulit.

Sebelum kita mempelajari teknik, mari kita bahas sedikit tentang pra-pers dan pengaturan.

Untuk mengatur pekerjaan dengan benar menggunakan tinta putih, Anda harus terlebih dahulu
memahami sedikit tentang cara memilih ukuran mata jaring yang tepat. Karena putih
lebih tebal, Anda ingin mencetak melalui ukuran jala terendah yang tepat yang berlaku untuk
cetakan itu. Jika Anda mencoba dan mencetak putih melalui layar mesh yang lebih tinggi yang memiliki
lubang yang lebih kecil di dalamnya itu akan membuatnya lebih sulit untuk mendorong tinta melalui layar. Ini juga tidak akan memungkinkan sebanyak tinta melalui layar seperti jala yang lebih rendah.

Biasanya Anda ingin mencetak putih melalui ukuran jala mulai dari 110-156. Terkadang gambar menentukan jumlah mesh yang tinggi. Misalnya, karena setengah nada atau gambar garis halus tidak dapat menahan layar mesh yang lebih rendah, Anda harus menggunakan bingkai mesh tinggi dan menerapkan lebih banyak lintasan untuk mencapai putih terang. Namun untuk sebagian besar, Anda akan ingin menggunakan jerat yang lebih rendah sehingga sejumlah besar tinta disimpan di baju.

Bagian kedua dari pengaturan adalah untuk memastikan layar disesuaikan dengan benar pada pers. Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki kontak yang benar sekitar 1 / 8-1 / 16 inci. Karena putih sedikit lebih tebal, Anda mungkin ingin menggunakan kontak yang sedikit lebih tinggi dari biasanya, mungkin sekitar 1/8 inci. Kontak tidak aktif adalah ketinggian di antara mesh layar dan media yang Anda gunakan untuk mencetak.

Kontak yang benar juga memungkinkan tinta dibersihkan dari kasa layar dengan mudah dengan melepaskan kasa ke atas secara langsung setelah langkah cetak meninggalkan semua tinta dengan lancar di baju. Satu hal yang Anda juga ingin pastikan untuk diterapkan saat mencetak tinta putih adalah tab kontak. Ini adalah sepotong kecil bahan (mis. Satu sen, kardus, kertas, sepotong plastik) yang merupakan ketinggian dari kontak Anda yang tidak aktif. Tab ini ditempatkan di ujung bingkai layar di mana ia menyentuh bagian atas pelat leher dan bukan pada baju. Dengan menggunakan tab kontak tidak aktif, Anda memastikan bahwa kontak tidak aktif Anda akan tetap melalui seluruh langkah cetak.

Tab menjaga ujung layar tetap tinggi meskipun Anda menekan mesh selama stroke. Tanpa tab kontak yang tidak aktif, Anda mungkin mengalami kesulitan membersihkan jaring karena layar ingin tetap rata dengan kemeja dengan tinta yang tersangkut di dalamnya.

Jika Anda tidak memiliki kontak yang tepat, beberapa masalah dapat muncul. Jika kontak mati Anda terlalu rendah maka Anda tidak akan dapat menghapus layar dengan benar. Anda harus melihat jala layar memantul dari kemeja dan dapat melihat tinta dan kemeja melalui jala layar yang dibersihkan. Jika tinta Anda tetap berada di screen mesh dan screen mesh menempel pada kemeja, ketika Anda menarik layar ke atas, tinta Anda akan terlihat sangat kasar dan bagian-bagiannya dapat terlepas dari kemeja. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda mungkin perlu sedikit meningkatkan kontak. Juga, masalah ini bisa muncul dari stroke cetak Anda yang sebenarnya yang akan dibahas nanti.

Di ujung lain spektrum, jika Anda tidak aktif, kontak terlalu tinggi; Anda harus menekan squeegee dengan sangat keras agar semua tinta masuk ke dalam kemeja. Saya sudah ke toko untuk membantu pelanggan yang benar-benar memiliki hampir setengah inci dari kontak. Jika kontak mati Anda terlalu tinggi, tidak hanya akan sulit untuk mentransfer tinta ke baju, tetapi ada kemungkinan besar layar Anda tidak akan turun di tempat yang sama setiap saat. Ini dapat menyebabkan gambar buram atau gambar ganda setelah flashing. Kontak yang tidak benar sangat penting untuk gambar yang terlihat bagus dan cetakan yang mudah.

Selanjutnya mari kita lihat tekniknya. Mayoritas teknik dalam proses sablon melibatkan stroke cetak. Ini termasuk sudut squeegee, tekanan, kecepatan dan pelepasan. Kecenderungan standar sebuah printer baru adalah benar-benar menghancurkan tinta melalui layar dengan menarik alat pembersih kaca melintasi layar dengan sudut yang sangat rendah.

Saat menggunakan tinta tipis, teknik ini dapat bekerja karena tinta melewati layar dengan mudah. Namun, jika dicoba dengan warna putih, Anda tidak hanya akan kesulitan memasukkan tinta melalui layar tetapi juga memiliki gambar yang sangat buram karena Anda menarik mesh layar begitu keras. Squeegee Anda seharusnya sekitar 80-85 derajat menghadap ke arah Anda. Anda juga harus memfokuskan tekanan Anda berulang-ulang pada cetakan dan bukan pada menarik squeegee ke jala.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *